Selasa, 09 Juli 2019

Langsung Kerja Setelah Lulus Kuliah, 5 Tips Jadi Pegawai Tetap Usai Magang

Berita Burung - Salah satu bagian dari kuliah yang terkadang banyak dipandang sebelah mata oleh para mahasiswa adalah magang. Padahal, posisi karyawan magang bisa memberikan dampak yang luar biasa kepada seorang mahasiswa.
Jika dimanfaatkan dengan baik, mahasiswa magang yang telah lulus bisa diangkat menjai pegawai tetap di perusahaan tersebut.
Dilansir dari berbagai sumber, AKURAT.CO memberikan tips agar mahasiswa yang bertugas sebagai karyawan magang di sebuah perusahaan dapat direkomendasikan menjadi karyawan tetap.
1. Siapkan tugasmu sendiri
Banyak perusahaan dan startup yang menyediakan lowongan bagi karyawan magang. Dari sekian banyak tempat, hanya beberapa yang benar-benar memberikan peran yang cukup signifikan kepada para pemagang.
Maka dari itu, lebih baik kamu menyusun jobdesk-mu sendiri. Kamu bisa mulai menawarkan keahlianmu kepada pegawai tetap di sana. Bersikaplah aktif dan selalu inisiatif.
2. Berikan hasil yang meyakinkan
Jika perusahaan sudah memiliki jobdesk untuk karyawan magang, pastikan kamu mengerjakannya dengan sungguh-sungguh. Tunjukkan hasil yang melebihi ekspektasi dari perusahaan. Pastikan pula pekerjaan selesai sesuai tenggat waktu yang ditentukan.
Selain itu, perlihatkan pula kompetensi dan pengetahuanmu yang terus meningkat melalui hasil pekerjaan yang semakin berkualitas. Dengan begitu, kepercayaan perusahaan akan semakin meningkat.
3. Patuh pada jadwal
Pegawai tetap biasanya akan semakin longgar dalam mentaati aturan perusahaan, termasuk jam masuk kerja. Jangan sampai kamu terbawa arus dan mengikutinya.
Pastikan datang tepat waktu, akan lebih baik jika kamu datang 5 menit sebelum jam masuk kerja. Dengan begitu, perusahaan akan tahu kesungguhanmu bertanggung jawab terhadap aturan perusahaan.
4. Membangun jaringan seluasnya
Meskipun kamu karyawan magang, bersosialisasi dan bergaul dengan orang-orang yang ada di lingkungan kerja adalah keharusan. Bahkan, beberapa karyawan senior mengharapkan karyawan magang juga bisa berbaur dengan para pegawai senior yang ada dan memberi masukan yang lebih baru agar perusahaan bisa terus berkembang.
5. Minimalisir penggunaan gadget untuk keperluan pribadi
Notifikasi chat, panggilan tiba-tiba, atau undangan acara yang muncul di smartphone dapat mengurangi fokusmu dalam bekerja. Jika kamu terus menanggapi setiap notifikasi, maka pekerjaanmu juga tidak akan segera selesai.
Batasi penggunaan gadget saat berada di lingkungan kerja, terutama jika berkaitan dengan keperluan pribadi. Kamu bisa memberikan respons untuk informasi yang penting saja.
Perusahaan akan selalu memberi penilaian kepada karyawan magangnya, sekecil apapun. Bahkan, kamu tidak akan tahu kalau kamu nantinya akan dipertimbangkan untuk menjadi pegawai tetap di perusahaan tersebut. []


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar