Selasa, 01 Oktober 2019

Bahaya! Gejala Penyakit Jantung Mirip dengan Gejala Sakit Maag

Sumber : Akurat.co
Berita Burung - Penyakit Lambung atau biasa dikenal dengan maag memang memiliki rasa sakit yang khas. Tapi perlu kamu ketahui, gejala Penyakit Jantung juga bisa menyerupai penyakit maag ini.
Yup, nyeri pada ulu hati dapat terjadi karena berbagai hal, mulai dari rasa cemas, kekenyangan, peradangan pada Lambung (gastritis), penyakit asam Lambung (GERD), batu empedu, hingga Penyakit Jantung.
dr. Anton Sutandar, Sp.JP-K, mengatakan, rasa sakit yang ditimbulkan oleh Penyakit Jantung memang menjalar. Bisa dari lokasi jantung ke atas arah tenggorokan, ke kanan atau kiri bagian lengan, hingga ke bawah area ulu hati.
"Kalau menjalar ke bawah, keluhannya juga disertai biasanya mual, muntah, perut gak enak," katanya kepada AkuratHealth, di Siloam Hospital, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, Senin, (30/9).
Bedanya sakit ulu hati akibat penyakit Lambung dan Penyakit Jantung adalah ketika beraktifitas. Biasanya, sakit ulu hati karena jantung keluhannya akan timbul saat aktifitas fisik lebih intens.
Sedangkan pada sakit maag, gejala biasanya muncul apabila terlambat makan, sedang stres, setelah makan makanan yang merangsang produksi asam Lambung seperti makanan asam, pedas, dan berlemak; atau setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung Kafein seperti cokelat atau Kopi.
"Kalau karena jantung, rasa nyeri umumnya muncul mendadak, dan rasa sakitnya sulit ditoleransi. Nyerinya pun sangat intens dan nggak akan hilang dengan hanya istirahat. Untuk hasil yang lebih pasti, tentu diperiksakan ke tim medis terkait," tutupnya.[]


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar