Kamis, 16 April 2020

Ini Cara Simpel Agar Tak Stres di Tengah Pandemi Covid-19, Tak Sampai 10 Menit!

Berita Burung - Hadir rasa cemas di tengah Pandemi Covid-19 memang hal yang wajar. Namun, ketika terus menerus merasa cemas, maka akan berujung Stres dan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh melemah. 
Menurut Tanya Peterson, penasihat bersertifikat dan penulis The 5-Minute Anxiety Relief Journal, ketika sedang Stres kronis maka tubuh akan berada dalam siaga merah. 
"Berarti, ini membahayakan sistem kekebalan tubuh dengan melemahkannya, sehingga terjadi kurang efektif melawan virus," katanya, seperti dirangkum dari laman Livestrong
Perlu kamu ketahui, Stres psikologis dapat menyebabkan tingkat kortisol tinggi, dan merusak fungsi sistem kekebalan tubuh. Kortisol merupakan hormon yang diproduksi sebagai respon terhadap Stres
Lantas, bagaimana cara mengurangi Stres? Salah satu cara terbaik dan sederhana yaitu bersyukur. Hal tersebut dikatakan oleh Brandi Moore, dokter naturopati di Scottsdale, Arizona.
Berdasarkan studi dalam Clinical Psychological Science pada Februari 2019, mengingatkan pola pikir positif dengan sistem kekebalan yang lebih kuat. 
"Ketika seseorang bersyukur, maka perspektif akan berubah, akan memberinya pandangan yang lebih positif tentang kehidupan dan mengurangi Stres," kata Moore. 
Beberapa hal bisa kamu lakukan, salah satunya menulis catatan harian ketika merasa Stres. Kamu bisa tuliskan bagaimana perasaannya atau apa yang dipikirkan dengan tetapkan tujuan yang jelas. 
Setelah itu, mulai dengan melakukan latihan Pernapasan selama empat detik, tahan napas selama empat detik, buang napas selama empat detik, dan tahan selama empat detik. Lakukan berulang hingga 3 kali. 

"Latihan ini melibatkan sistem saraf parasimpatisan, sistem yang bertanggung jawab untuk istirahat dan relaksasi," tutupnya. 

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar