Kamis, 16 April 2020

5 Kiat Sederhana untuk Melatih Mindfulness, Kurangi Kecemasan di Tengah Pandemi

Berita Burung - Rasa cemas, takut dan panik merupakan perasaan yang sering kali kita rasakan di tengah Pandemi Corona ini. Jika perasaan tersebut terus disimpan akan menyebabkan stres yang justru membuat seseorang lebih mudah terpapar virus.
Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa cemas tersebut adalah berlatih MindfulnessMindfulness atau kesadaran penuh merupakan sebuah kemampuan dasar manusia yang bisa dilatih untuk bisa hadir sepenuhnya dalam setiap kondisi. Artinya, orang tersebut secara sengaja memberikan perhatian pada apa yang sedang dirasakan saat itu juga, dan menerima tanpa melawannya.
Mindfulness ini biasanya dikaitkan dengan praktik Meditasi atau Yoga yang melatih fokus serta konsentrasi seseorang. Namun, beberapa hal sederhana berikut ternyata juga bisa melatih kemampuan Mindfulness.
1. Melihat langit malam
Langit malam yang penuh dengan bintang merupakan pemandangan yang indah bagi mata sekaligus pikiran. Dengan menikmati langit malam secara sadar, energi positif akan diserap oleh tubuh dan membuatnya lebih tenang. Cobalah untuk keluar saat malam dan melihat ke langit sembari menahan napas secara teratur.
2. Menulis jurnal harian
Banyak sekali tokoh-tokoh besar yang sering menulis jurnal hariannya. Selain untuk mengevaluasi kegiatan harian pribadi, menulis jurnal juga mampu melatih kemampuan Mindfulness. Kamu bisa menuliskan hal-hal yang membuatmu senang atau pujian untuk dirimu sendiri. Tulislah tiga hal terbaik yang telah kamu lakukan pada hari itu untuk memulai Latihan ini.
3. Berjalan kaki
Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa berjalan kaki di sekitar rumah pada pagi hari sembari berjemur dan menikmati udara pagi. Pusatkan pikiranmu pada apa yang ada di sekitar, seperti suara burung, angin yang sepoi atau tumbuhan hijau yang melambai-lambai. Usahakan untuk tidak membawa ponsel, ya.
4. Menyeduh teh
Terlihat sepele, ternyata menyeduh teh juga bisa menjadi cara melatih Mindfulness. Syaratnya, kamu tetap harus fokus dengan setiap langkah pembuatan teh. Tuangkan air hangat secara perlahan pada gelas dan dengarkan suaranya, perhatikan aroma teh yang keluar dan rasakan hangatnya cangkir teh pada tangan kamu.
5. Menggambar atau mewarnai
Dua hal ini merupakan salah satu cara yang cukup kreatif yang bisa dicoba. Penelitian juga membuktikan bahwa kegiatan yang menimbulkan kreativitas memiliki pengaruh positif bagi Kesehatan Mental seseorang.

Pusatkan pikiranmu saat menggambar atau mewarnai, begitu kreativitas mengalir, saat itulah pikiranmu akan beristirahat.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar