Senin, 06 Januari 2020

Manfaat Delima untuk Kesehatanmu

Berita Burung - Berkat antioksidannya, buah delima mencegah jerawat, kerusakan akibat sinar matahari, dan bahkan kanker kulit. Kamu dapat mengkonsumsi buah delima atau mengoleskannya langsung untuk menghasilkan kulit yang bercahaya, mencegah keriput, dan mengobati kerusakan akibat sinar matahari. 
Minyak dari bijinya bahkan dapat melembabkan kulit, dan buahnya sendiri dapat mencegah penyakit radang kulit seperti eksim dan psoriasis.
Delima bukan hanya enak tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Namun, tahukah Kamu bahwa buah ini juga bagus untuk kulit?
Melawan kerusakan akibat sinar UV
Delima mampu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet (UV) dengan melawan radikal bebas yang dipicu oleh paparan sinar matahari. Jadi, jika Kamu kulitmu bercak-bercak, terbakar sinar matahari, tambahkan delima ke daftar perawatan kulitmu. 
Mengencangkan kulit
Penuaan tidak bisa dihindari, tetapi penuaan dini bisa. Paparan sinar matahari dan polutan di dalam dan di luar rumah, serta pola makanan dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Di sinilah buah delima dapat membantumu. Jus dan kulit buah delima mengandung katekin, sejenis antioksidan yang sangat aktif yang dapat mencegah degradasi jaringan kulit ikat dan membantu merangsang sintesis kolagen di tubuhmu. Kolagen inilah yang membuat kulit Kamu lebih kenyal dan kencang.
Melawan Jerawat
Delima dapat membantu mencegah dan melawan jerawat. Orang yang sering berjerawat cenderung menghasilkan sebum yang berlebihan (zat berminyak) baik karena masalah hormonal atau masalah pencernaan. Penelitian terbaru berpendapat bahwa jerawat disebabkan oleh oksidasi komponen tertentu sebum oleh radikal bebas dan inilah yang membawa bakteri penyebab jerawat. 
Memiliki kadar vitamin C, A, dan E yang rendah serta antioksidan dalam darah juga dikaitkan dengan jerawat. Delima mengandung vitamin C dan vitamin E bersama dengan sejumlah antioksidan polifenol lainnya. Ini dapat mencegah oksidasi sebum dan, dengan demikian, jerawat. 
Menghidrasi kulit
Jus delima tidak hanya membantu mereka yang memiliki kulit berminyak, dan rawan berjerawat. Jika Kamu menderita kulit kering, coba tambahkan minyak delima ke pelembab kulitmu. Asam punicat dan asam oleat dalam minyak delima akan terhidrasi dan memperbaiki kulitmu.
Mencegah kerutan
Minyak delima mengandung asam punicic, sejenis asam lemak, yang membantu mengunci kelembaban di kulit dan mengurangi munculnya keriput. Selain itu, asam ellagic yang ditemukan dalam aril delima dapat membantu mengurangi jumlah keriput yang muncul di kulitmu akibat paparan radiasi UVB.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar